Jumat, 12 Agustus 2011

PSSI Buka Peluang Pemain Naturalisasi

Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husein tidak memfokuskan kepada pemain naturalisasi di dalam tim nasional. Namun semuanya tergantung kebutuhan pelatih yang dipercaya menangani timnas, diperlukan atau tidak pemain naturalisasi tersebut.

Menurut mantan Staf Ahli Menpora ini, PSSI tidak akan memaksakan terhadap proses naturalisasi, bila pelatih timnas tidak menghendaki.

"Kami melihat masih banyak pemain lokal, bahkan ribuan pemain muda yang memiliki prospek bagus untuk dibina dan pantas masuk dalam skuad timnas. Karena itu, kami tidak terlalu terfokus terhadap naturalisasi pemain asing," ungkapnya.

Namun demikian, tutur Djohar, PSSI tidak akan menutup pintu bagi pemain naturalisasi yang ingin memperkuat tim nasional di masa mendatang. Hanya saja, semua itu diserahkan kepada pelatih.

Dan pihaknya, tidak menjamin bila para pemain naturalisasi bisa secara otomatis menjadi punggawa tim nasional. Sebab, kualitas dan kemampuan pemain tersebut, akan diuji terlebih dahulu melalui seleksi seperti yang dijalani pemain lokal.

"Bila ada pemain saat diproses naturalisasi seperti yang saya dengar ada enam pemain naturalisasi, yakni Sergio Van Dijk, Tonnie Cusell, Victor Igbonefo, Greg Nwokolo, Stefano Lilipaly, dan John van Beukering, bisa diteruskan saja," tegasnya.

Seperti yang diungkapkan mantan Deputi Bidang Teknis Timnas, Iman Arif sebelumnya, ke-enam pemain naturalisasi telah mendapatkan persetujuan dari Komisi III DPR dan Komisi VIII, dan sudah ditandatangani oleh ketua MPR, salinannya akan dikirim ke Presiden RI, Sosilo Bambang Yudhoyono। (CS/03)
http://pontianak.tribunnews.com/2011/08/12/pssi-buka-peluang-pemain-naturalisasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar