Rabu, 07 September 2011

Stefano Lilipaly Tambah Kinclong



Stefano Lilipaly.(foto:IST)
Stefano Lilipaly.(foto:IST)
UTRECHT - Stefano Lilipaly tidak sabar segera membela Timnas Indonesia yang tengah berjibaku pada kualifikasi Grup E Pra Piala Dunia 2014 zona Asia. Sayangnya, gelandang FC Utrecht ini tidak tahu lagi kejelasan proses naturalisasinya.

“Saya tidak dapat berita lagi dari PSSI,” ujar Stefano Lilipaly kepada wartawan Radio Nederland Wereldomroep.

Stefano sempat mengikuti proses seleksi Timnas U-23, saat masih ditukangi Alfred Riedl awal 2011 ini. Meski sempat terlambat memenuhi undangan, Stefano tidak membutuhkan waktu lama untuk memikat pelatih asal Austria itu.

Dengan kualitas yang dimilikinya, pemain keturunan Maluku ini bahkan disebut-sebut bakal mengisi skuad Timnas Garuda senior untuk Pra-Piala Dunia. Deputi Bidang Teknik BTN, Iman Arif pernah menyatakan para pemain naturalisasi yang diproyeksikan untuk timnas senior bisa disertakan di leg kedua menghadapi Turkmenistan 28 Juli lalu. Namun kabar itu ternyata tidak terbukti.

“Padahal waktu itu saya sangat ingin bermain lawan Turkmenistan. Tapi tidak dengar apa-apa lagi," kata Lilipaly masih kepada RNW.

Proses naturalisasi Lilipaly sudah dalam tahap pengajuan pertimbangan dari Presiden ke DPR. Surat permohonan pertimbangan tertangal 5 Juli 2011 itu juga menyertakan lima nama lain, yaitu Tonnie Cusell, Jhon van Beukering, Sergio van Dijk, Victor Igbonefo, dan Greg Nwokolo.

Kehadiran Lilipaly di timnas, tentu bisa menjadi amunisi baru untuk mengatrol performa Garuda saat berjuang untuk lolos dari persaingan di Grup E yang dihuni Qatar, Iran, dan Bahrain.Terlebih pamor Lilipaly kini semakin mengkilap. Jika sebelumnya, hanya berstatus pemain FC Utrecht junior, pemain kelahiran 10 Januari 1990 ini kini menembus tim senior Utreg, julukan FC Utrecht.

Sabtu 6 Agustus kemarin adalah penampilan perdana pemain yang pernah dipanggil untuk Timnas Belanda U-15 hingga U-18 itu di Eredivisie, liga kasta tertinggi di Belanda. Meski baru diturunkan di menit 77, Lilipaly nyaris menciptakan gol ke gawang VVV Venlo. Hingga pertandingan usai kedua tim bermain tanpa gol. "Saya puas dengan penampilan pertama ini, sayang sekali gol saya tidak diakui," katanya mengomentari bola sundulannya yang ditepis kiper Venlo di garis gawang.

Sebelumnya 2 Agustus Lilipaly mencetak dua gol saat membela tim dua FC Utrecht dalam laga persahabatan menghadapi tim dua Jong Sparta Rotterdam yang berakhir 3-1 untuk Utrecht. Penampilan gemilang inilah yang membuatnya dipanggil untuk tim utama.
(fit)http://bola.okezone.com/read/2011/08/08/51/489350/stefano-lilipaly-tambah-kinclong

Tidak ada komentar:

Posting Komentar