Selasa, 06 September 2011

Mengenal Total Management Mutu (TQM)


TQM adalah suatu keinginan untuk selalu mencoba mengerjakan segala sesuatu dengan “selalu baik sejak awal”. TQM tidak menyediakan kesempatan untuk memeriksa kalau ada yang salah. Pembicaraan TQM bukan mengenai bagaimana cara mengerjakan agenda orang lain, melainkan agenda yang telah diterapkan oleh pelanggan dan klien. TQM bukanlah sebuah tugas yang hanya dikerjakan manajer senior yang selanjutnya memberikan arahan kepada para bawahannya. Kata “Total” (Terpadu) dalam TQM menegaskan bahwa setiap orang yang berada di dalam organisasi harus terlibat dalam upaya melakukan peningkatan secara terus-menerus. Kata “Manajemen” dalam TQM berlaku bagi setiap orang, sebab setiap orang dalam sebuah institusi, apapun sta­tus, posisi atau peranannya, adalah manajer bagi tang­gungjawabnya masing-masing. Ini merupakan ide yang sulit untuk diuraikan, dan inilah alasannya mengapa be­berapa organisasi, seperti Roll Royce, hanya berbicara tentang Total Quality (Mutu Terpadu) dan bukan TQM.
TQM biasanya digunakan untuk mendeskripsikan dua gagasan yang sedikit berbeda namun saling berkaitan. Yang pertama adalah filosofi perbaikan secara terus-menerus. Kedua, untuk mendeskripsikan alat-alat dan teknik-teknik, seperti brainstorming dan analisa lapangan. TQM adalah sebuah pola pikir sekaligus aktivitas praktis. [1]
Manajemen mutu terpadu merupakan suatu teori ilmu manajemen yang mengarahkan pimpinan organisasi dan personelnya untuk melakukan program perbaikan mutu secara berkelanjutan yang terfokus pada pencapaian kepuasan dari para pelanggan.
Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management) dalam konteks pendidikan merupakan sebuah filosofi metodologi tentang perbaikan secara terus menerus yang dapat memberikan seperangkat alat praktis kepada setiap institutsi pendidikan dalam memenuhi kebutuhan, keinginan, dan harapan pelanggan, saat ini  maupun masa yang akan datang. Selain itu Total Quality Management merupakan suatu pendekatan dalam menjalankan usaha yang mencoba untuk memaksimalkan daya saing organisasi melalui perbaikan terus menerus atas produk, jasa, manusia, tenaga kerja, proses dan lingkungan.[2]


[1] Edward Sallis, op.. cit .., hal. 75-76
[2]  Nasution. M.N, Manajemen Mutu Terpadu, (Ghalia Indonesia, 2004), hal. 18

Tidak ada komentar:

Posting Komentar