Senin, 05 September 2011

10 MAKANAN UNTUK KECERDASAN OTAK


Ingin buah hati anda cemerlang di sekolah? Perhatikan kebutuhan gizi dan nutrisi mereka. Sepuluh jenis makanan berikut (Brain Food) diyakini dapat merangsang pertumbuhan sel-sel otak, memperbaiki fungsinya, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi berpikir anak-anak.

1. Salmon
Ikan salmon merupakan sumber asam lemak omega-3 -DHA and EPA- yang keduanya penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak.
dengan kandungan kolin (membantu perkembangan daya ingat).

3. Selai kacang
Kacang tanah (peanut) dan selai kacang adalah sumber vitamin E. Vitamin ini membantu otak dan sistem saraf dalam penggunaan glukosa untuk kebutuhan energi.

4. Gandum murni
Gandum murni memiliki kemampuan untuk mendukung kebutuhan sediaan glukosa dari tubuh yang sifatnya konstan. Serat pada gandum, dapat membantu mengatur pelepasam glukosa dalam tubuh, selain itu juga mengandung vitamin B yang berfungsi memelihara kesehatan sistem saraf.

5.Oat atau oatmeal
Sereal ini dapat menyedia, energi untuk otak yang sangat dibutuhkan anak-anak di pagi hari. Oatmeal kaya vitamin E, B, potasium dan Zn yang membuat tubuh dan fungsi otak berfungsi pada kapasitas penuh.

6. Berry
Strawberry, cherry, blueberry, dan blackberry. Secara umum, semakin kuat warnanya, semakin banyak nutrisinya. Buah-buahan ini kaya antioksidan kadar tinggi, khususnya vitamin C. Biji dari buah berry kaya asam lemak omega-3.

7. Kacang-kacangan
Makanan ini memiliki energi yang berasal dari protein serta karbohohidrat kompleks. Selain itu juga kaya serat, vitamin dan mineral.
Kacang merah dan kacang pinto mengandung lebih banyak asam lemak omega-3 dibanding kacang-kacangan lain.

8.Sayuran berwarna
Tomat, ubi jalar merah, labu, wortel, bayam adalah sayuran yang kaya nutrisi dan sumber antioksidan yang membuat sel-sel otak kuat dan sehat.

9. Susu dan yoghurt
Mengandung protein dan vitamin B tinggi, yang penting untuk pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan enzim..

10. Daging sapi tanpa lemak
Mengandung zat besi. Dengan mengkonsumsi1 ons/ hari, tubuh akan terbantu dalam penyeraban zat besi dari sumber lain. Selain itu daging sapi juga mengandung seng yang dapat memelihara daya ingat.
Siapa yang tak sayang dengan buah hati? Selama masih bisa, rasanya ingin memenuhinya bukan?? Ya, paling tidak kita telah membekali otak mereka dengan kecerdasan. Kita berharap, dengan kecerdasan mereka mampu menghadapi tantangan hidup pada jamannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar